Senin, 16 Februari 2015

Cara Membersihkan Sepeda MTB Dengan Benar

    Jika sepeda yang kita kendarai selalu dalam kondisi fit, tentu kenyamananlah yang akan didapat. Selain mencuci, merawat sepeda gunung khususnya, memerlukan kiat-kiat ekstra, karena perlakuan sepeda MTB ini berbeda dengan sepeda-sepeda umum lainnya. Sebenarnya, teknik membersihkan MTB mulai dari sadel hingga sistem pengereman hanya memakan waktu tidak kurang dari 35 – 40 menit saja. Namun, teknik mencucinya yang perlu trik khusus. Pengen tahu caranya? Simak berikut ini.

     Lepas semua aksesoris yang berada di handle bar (stang), misalnya bel, lampu, speedometer dan ornamen lain. Jika anda menggunakan V brakes, lepas kabel penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipers. Teknik melepas kabel V brakes ini berlaku juga jika Anda menggunakan V brakes pada roda belakang. Putar balik sepeda Anda, untuk menghidari lecet pada sadel dan grips kita dapat memakai alas yang tidak terlalu keras dan empuk misal kita dapat menggunakan matras dengan ketebalan 5mm.Cara membalik sepeda dengan benar adalah Anda berdiri di samping sepeda, pegang bagian suspensi depan (down tube) dan satu tangan memegang seat pos (dudukan sadel). Kemudian putar secara perlahan hingga sepeda terbalik.      

    Melepas roda depan dan belakang, buka pengencang as roda depan dengan membuka klip pengunci jika ada, jika sepeda Anda tidak menggunakan klip, harus menggunakan kunci pas sesuai dengan ukuran baut yang digunakan sebagai pengunci as roda depan. Untuk melepas Roda belakang, lepas pengencang as roda belakang, tarik kebelakang sistem pemindah gigi atau rear derailleur (RD) secukupnya sehingga roda belakang bisa di tarik keatas dan terlepas.    

     Membersikan sistem penggerak (rantai, gir, pedal, rear derailleur). Caranya, siapkan sikat dan air bersabun. Mulailah menyikat RD dengan sikat yang telah di basahi air sabun, untuk membersikan rantai gunakan lap kain yang lembut, basahi lap tersebut dengan air sabun putar rantai dengan memutar pedal Anda ke depan sehingga rantai berputar.       

     Lanjutkan dengan membersikan Crank (gir depan, lengan pedal dan pedal) dengan sikat yang sudah dibasahi dengan air sabun. Sikat secara merata dan teliti sehingga semua bagian penggerak depan terkena air sabun dan kotoran terlepas, kemudian lap dengan lap bersih.        
Membersihkan bagian bawah frame, gunakan lap kain dan air sabun. Lap secara merata ke seluruh bagian frame, handle bar (stang depan), bagian top tube (frame atas), dan seatways (frame belakang). Jangan 
lupa membersihkan kabel pemindah gigi dan penarik rem.          

     Membersikan Sistem Roda. Gunakan lap kain dan air sabun pada roda depan dan belakang Anda. Dapat menggunakan cairan pembersih kotoran jika terdapat kotoran yang melekat dan susah di buang, misal menggunakan WD-40. Bersihkan kotoran pada as roda, hub dan keseluruhan roda termasuk jari-jari roda. Jika roda sepeda Anda menggunakan cakram, cukup sikat dengan teliti di semua bagian cakram.

    Mengecek Sistem Roda. Pasang kembali roda depan dan belakang, pastikan klip pengencang roda terpasang dengan baik dan dapat mengunci roda dengan sempurna. Mungkin, kita sedikit menemui kesulitan untuk memasang kembali roda belakang. Tekniknya, masukkan gir belakang diantara mata rantai dan tekan ke bawah sehingga dapat masuk ke dudukan roda belakang dengan sempurna, lakukan dengan hati-hati. Setelah semua roda terpasang cek putaran roda baik depan dan belakang amati dengan seksama. Apakah goyang atau tidak, jika goyang kemungkinan besar jari-jari roda perlu di stel ulang. Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan menggunakan kunci jari-jari roda atau membawanya ke bengkel sepeda.
    
    Cek Sistem pengereman. Untuk mengecek rem roda depan berdirilah di depan sepeda Anda dan tekan rem roda depan, kemudian tarik sepeda ke depan jika frame dan roda belakang terangkat berarti rem roda depan masih berfungsi dengan baik. Untuk rem roda belakang, berdirilah di depan sepeda Anda dan tekan rem belakang, jika roda depan terangkat diantara sela kaki Anda kemungkinan rem belakang masih berfungsi dengan baik, jika tidak segera cek dan ganti kampas rem dengan yang baru.
    
    Pelumas. Tips untuk melumasi bagian-bagian penting sepeda gunung Anda adalah bagian rantai, shifter, sistem pengerak roda depan dan belakang (FD-RD), pedal dan lengan pedal. Gunakan pelumas yang bagus jangan menggunakan oli bekas, gunakan cairan pelumas yang khusus untuk rantai. Banyak beredar di pasaran adalah pelumas untuk rantai kendaran bermotor roda dua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar